“Prima Dalam Pelayanan Menuju Masyarakat Sejahtera Yang Berlandaskan Tri Hita Karana”

Selasa, 03 Mei 2011

PEMBINAAN SUBAK TEGAL ANYAR DESA SANGSIT

Subak merupakan salah satu lembaga tradisional warisan sumber daya budaya di Bali yang sangat perlu dilestarikan melalui pembinaan yang tepat dan berkelanjutan. Dengan berlandaskan atas falsafah Tri Hita Karana, lembaga ini merupakan benteng masyarakat Bali dalam menghadapi berbagai gempuran budaya akibat derasnya arus globalisasi dan pariwisata yang melanda dunia dan Bali pada khususnya.
Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan nilai-nilai Tri Hita Karana tersebut, Pemerintah Kabupaten Buleleng secara rutin setiap tahun melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap subak yang ada di masing-masing kecamatan. Dalam rangka evaluasi dimaksud, masing-masing kecamatan mempersiapkan satu subak untuk dievaluasi oleh Tim Pembina dan Evaluasi Tingkat Kabupaten Buleleng.
Camat Sawan, Gede Gunawan AP, SE, M.Si. dalam menghadapi evaluasi tersebut telah mempersiapkan Subak Tegal Anyar Abasan Desa Sangsit sebagai wakil Kecamatan Sawan. Pada hari Senin, 2 Mei 2011 bertempat di Balai Subak Tegal Anyar Abasan, Desa Sangsit, Tim Pembina Subak Kecamatan Sawan yang dipimpin langsung oleh Camat Sawan mengadakan pembinaan kepada Tim Pendamping yang sudah dibagi menjadi tiga baga, yakni Baga Parhyangan, Baga Palemahan dan Baga Pawongan. Melihat persiapan yang cukup matang dan antusias prajuru serta krama subak Tegal Anyar yang tinggi, Camat Sawan merasa optimis bahwa Subak Tegal Anyar mampu bersaing di Tingkat Kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

DAFTAR LINK

Photobucket Photobucket Photobucket komunitas blogger buleleng