“Prima Dalam Pelayanan Menuju Masyarakat Sejahtera Yang Berlandaskan Tri Hita Karana”

Selasa, 19 April 2011

PENANGGULANGAN ULAT BULU SECARA NISKALA

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa ulat bulu juga menyerang salah satu desa di Kecamatan Sawan yaitu tepatnya di Banjar Dinas Abasan, Desa Sangsit. Upaya penanggulangan ulat bulu tersebut sudah dilakukan dengan penyemprotan insektisida, pengasapan dan penakikan pohon. Selain dilakukan secara teknis yang dianjurkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng tersebut, upaya penanggulangan ulat bulu juga dilakukan secara niskala.

Pada hari Minggu, 17 April 2011, bertepatan dengan Hari Purnama, sesuai dengan upacara niskala yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng, Kecamatan Sawan yang diwakili oleh Kasi Kesejahteraan Sosial, Made Djaniarta, nuur tirta di Pura Pajenengan, Desa Panji, Kecamatan Sukasada. Tirta tersebut kemudian disemayamkan di Padmasana Kantor Camat Sawan, untuk selanjutnya di distribusikan kepada 18 Desa Pakraman di wilayah Kecamatan Sawan. Melalui Desa Pakraman masing-masing, tirta tersebut selanjutnya diberikan kepada warga masyarakat untuk dipercikkan di pekarangan rumah, kebun, sawah dan lain-lain tempat dengan sarana dan prasarana bebantenan. Mudah-mudahan dengan upaya penanggulangan secara skala maupun niskala, Kecamatan Sawan pada khususnya dan Kabupaten Buleleng pada umumnya dapat dihindarkan dari segala malapetaka.

2 komentar:

  1. Astungkara....Buleleng terhindar dari segala macam musibah dan bencana....

    BalasHapus
  2. Kadek (Kerobokan)19 April 2011 pukul 10.12

    Memang sbg umat Hindu kita juga harus memohon kepada-Nya agar terhindar dr segala musibah, karena Beliau adalah Yang Maha Kuasa.

    BalasHapus

Entri Populer

DAFTAR LINK

Photobucket Photobucket Photobucket komunitas blogger buleleng