“Prima Dalam Pelayanan Menuju Masyarakat Sejahtera Yang Berlandaskan Tri Hita Karana”

Minggu, 17 April 2011

PENILAIAN LOMBA DESA TERPADU DI GIRI EMAS


Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan yang merupakan Desa termuda di Kabupaten Buleleng, hasil pemekaran dari Desa Sangsit, Kamis, 14 April 2011 dinilai oleh Tim Penilai Lomba Desa Terpadu Kabupaten Buleleng. Perbekel Giri Emas, Putu Santi Arsana, S.Pd. dalam laporannya menyampaikan peningkatan perkembangan potensi desa dan kemajuan pembangunan yang telah diraih oleh Desa Giri Emas dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir, yakni tahun 2009 dan 2010.

Ketua Tim Pembina dan Penilai Lomba Desa Terpadu Kabupaten Buleleng, Tjok Ganda Putra, SH yang juga menjabat sebagai Kepala BPMPD Kabupaten Buleleng dalam laporannya menyampaikan bahwa lomba desa terpadu ini diikuti oleh 9 desa yang mewakili sembilan kecamatan di wilayah Kabupaten Buleleng. Beliau juga menyampaikan bahwa Lomba Desa Terpadu menjadi kompetisi dan evaluasi dari pelaksanaan tugas-tugas perbekel dalam mengelola pemerintahan desa. Adapun indikator yang menjadi unsur penilaian antara lain:

1.    Pendidikan;
2.    Kesehatan masyarakat;
3.    Ekonomi masyarakat;
4.    Keamanan dan ketertiban;
5.    Partisipasi masyarakat;
6.    Pemerintahan;
7.    Lembaga kemasyarakatan; dan
8.    Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
Dikatakan juga, perlombaan desa yang diadakan setiap tahun merupakan upaya melihat tingkat perkembangan masyarakat serta memberikan penghargaan kepada pemerintahan desa yang mampu meningkatkan kinerja. Pemenang lomba desa terpadu ini berhak mewakili Kabupaten Buleleng dalam kompetisi serupa di Tingkat Propinsi.
Bupati Buleleng, Drs Putu Bagiada, MM, yang langsung memimpin Tim Penilai Lomba Desa Terpadu Kabupaten Buleleng, dalam sambutannya menyampaikan mengaku bangga atas sambutan masyarakat yang begitu semangat menyongsong Lomba Desa Terpadu. Rasa bangga Bupati Buleleng, Drs. Putu Bagiada, MM juga sangat terlihat ketika menyaksikan kegiatan PKK, penampilan koor/ paduan suara dan tarian penyambutan oleh ibu-ibu PKK Desa Giri Emas. Secara spontan Bupati yang terkenal merakyat langsung mengeluarkan dana sebesar Rp. 4 juta yang diberikan kepada Perbekel Giri Emas untuk menstimulus kegiatan PKK Desa Giri Emas.
Pada kesempatan itu pula, Bupati Buleleng berpesan kepada Camat Sawan, Gede Gunawan AP, SE, M.Si. agar terus memotivasi dan mengarahkan semangat membangun warga masyarakat Giri Emas...... Majulah Desa Giri Emas.... Teruskan Pembangunan........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

DAFTAR LINK

Photobucket Photobucket Photobucket komunitas blogger buleleng